Tingkat Kepercayaan Publik Nomor Tiga Kepada Polri, Bhabinkamtibkas Gencar Saber Pungli.

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Kalbar – Untuk mencegah dan menghindari tindakan Pungutan liar di wilayah kecamatan singkawang selatan, Polsek singkawang selatan konsisten melaksanakan kampanye Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli).

Kali ini kegiatan kampanye dan sosialisasi Saber Pungli dengan media menggunakan baner dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas kelurahan Pangmilang Bripka Iswan Susanto di wilayah binaan kelurahan pangmilang kecamatan singkawang selatan, Kamis (07/11/2019).

Lebih lanjut, Bripka Iswan Susanto menerangkan, secara umum pungutan liar diartikan sebagai pungutan yang dilakukan secara tidak sah atau melanggar aturan, oleh dan untuk kepentingan pribadi oknum petugas pemerintahan maupun swasta.

Untuk itu, Bripka Iswan Susanto mengajak masyarakat untuk bersama-sama memberantas pungutan liar. Menurutnya, baik penerima dan pemberi sama-sama akan di berikan sanksi, masyarakat dapat menjadi kunci agar pungutan liar tidak akan terjadi.

“Jika mengurus sesuatu di pemerintahan atau swasta, saat diminta biaya untuk sesuatu urusan atau pelayanan, Mintalah kwitansi ataupun resi untuk pembayaran yang dilakukan,” Ungkap Bripka Iswan Susanto.

“Karena ada beberapa urusan atau pelayanan di pemerintahan ataupun swasta yang memang menggunakan biaya dan masuk ke KAS Negara Di Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP),” Tambahnya.

Kapolsek Singkawang Selatan AKP Muhammad Aminuddin, S.I.K saat dikonfirmasi menyatakan “Kami dari Polsek Singkawang Selatan konsisten dan gencar melakukan kampanye saber pungli.

“Apalagi Polres singkawang sekarang telah mendapat predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan tahun depan akan menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).”imbuh AKP Muhammad Aminuddin, S.I.K.

“Kegiatan saber pungli ini setiap kesempatan akan di laksanakan oleh para Bhabinkamtibmas Polsek singkawang selatan baik kepada masyarakat maupun instansi samping di wilayah binaannya, baik melaalui Sosialisasi, penyuluhan maupun kampanye dengan banner yang berisikan saber pungli,” ungkap AKP Muhammad Aminuddin, S.I.K.

“Berdasarkan aturan yang ada, untuk menindak para pelaku praktek-praktek pungli. Presiden Republik Indonesia telah mengeluarkan Perpres (Peraturan Presiden) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli),” Tambah AKP Muhammad Aminuddin, S.I.K.

“Selain dasar Keputusan Presiden juga berdasarkan Keputusan Menko Polhukam (Mentri Koordinasi Politik Hukum dan Keamanan ) Nomor 78 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar,” Tutup AKP Muhammad Aminuddin, S.I.K.

Penulis : Dedi Maryadi
Editor : RizaL Z

Related posts

Leave a Comment