Tiga Pekan Tak Hujan, Bhabin Sijangkung Sosialisasi Cegah Karhutla Kepada Warga

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Singkawang – Tiga pekan sudah wilayah kecamatan singkawang selatan dan sekitarnya tidak disirami hujan, mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah kelurahan sijangkung Bhabinkamtibmas Kelurahan Sijangkung Brigadir Fransiskus Herianto melakukan kegiatan Sosialisasi pencegahan Karhutla kepada masyarakatnya di kelurahan sijangkung, Selasa (13/08/2019).

Mengingat masih banyaknya lahan pertanian, perkebunan dan hutan di wilayah kelurahan sijangkung, Brigadir Fransiskus Herianto secara pro aktif terus melakukan sosialisasi pencegahan karhutla kepada warganya dengan cara menyambangi dan door to door system.

Selain sosialisasi dengan banner yabg berisikan cegah karhutla, Brigadir Fransiskus Herianto juga memberi penyuluhan hukum kepada warga dengan mengsosialisasikan Sangsi Bagi Pelaku Pembakaran Lahan dan Hutan sesuai UU RI No. 32 Th 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Pelaku pembakaran hutan dapat di ancam dengan Pasal sembilah puluh delapan yang berbunyi : Pelaku Pembakaran Lahan diancam Minimal tiga Tahun Penjara Maksimal sepuluh tahun penjara dan denda minimal tiga Miliar Maksimal sepuluh miliar.

Bhabinkamtibmas sijangkung juga menghimbau kepada masyarakatnya yang memiliki lahan pertanian dan persawahan untuk tidak membuka lahan pertanian ataupun persawahan dengan cara di bakar, juga ia menghimbau agar masyarakat Peka terhadap lingkungan hidup dan generasi akibat dampak dari pembakaran lahan.

Penulis : Dedi Maryadi
Editor : Rizal Z

Related posts

Leave a Comment