Suasana haru mewarnai ritual tradisi pedang pora di Polres Mempawah, Pergantian Kapolres lama ke Kapolres Baru

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Mempawah, KALBAR – Ritual Pedang Pora merupakan tradisi dalam pisah sambut pergantian Kapolres lama AKBP Didik Dwi Santoso Sik ke Kapolres baru AKBP Tulus Sinaga Sik MH.

Dalam upacara pisah sambut itu dilakukan serangkaian prosesi, diantaranya pedang pora. Pedang pora ini melibatkan 20 perwira yang membawa pedang panjang dalam menyambut kedatangan Kapolres yang baru.

“Pedang pora ini tradisi untuk menyambut dan menghantar Kapolres baru dan lama. Ini merupakan rasa penghomatan dan menghargai kurang lebihnya itu maknanya,” terang Paur Humas Ipda Lidwina, Sabtu (9/11/2019).

Layaknya seperti pengantin, AKBP Didik dan AKBP Tulus masing-masing ditemani istri berjalan mulai dari depan lobi hingga pintu keluar Mapolres Mempawah.

Suasana khidmat dan isak tangis para perwira polisi dan istrinya pecah saat Kapolres Mempawah Baru AKBP Tulus Sinaga mengalungkan bunga kepda kepada kapolres lama AKBP Didik

“Selamat jalan bapak semoga sukses ditempat dengan jabatan baru,” ucap salah satu perwira yang tidak bisa menahan tangis.

Cucuran air mata para perwira tak terbendung kala prosesi pamitan Kapolres lama AKBP Didik dengan para bhayangkari dan pejabat jajaran Polres Mempawah.

Diketahui, AKBP Didik Dwi Santoso SIK telah menjabat Kapolres Mempawah selama dua tahun terakhir dan akan pindah ke Polda Jateng. Didik Dwi Santoso dipromosikan mengisi jabatan baru sebagai Kabag Strajemen Rorena.

Dalam pamitan itu bertempat di halaman Polres Mempawah seluruh anggota polres Mempawah berjajar dan melempari Kapolres Lama dan Baru dengan bunga melati. Didik pun mengucapkan banyak terima Kasih kepada semua jajaran Polres Mempawah yang telah membantu menciptakan Kabupaten Mempawah  yang kondusive.

Slamat jalan AKBP Didik Dwi Santoso di tempat tugas yang baru semoga sukses selalu dan di berikan kesehatan oleh tuhan yang maha esa.(RizaL Z)

Sumber : Humas Polres Mempawah

Related posts

Leave a Comment