Polres Singkawang Kalimantan Barat, Manggala Agni, dan PPA bersinergi Padamkan Api

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Singkawang, KALBAR – Polres Singkawang telah bersinergi bersama Manggala Agni, Kelompok Pemuda Peduli Api (PPA) “AVATAR” serta masyarakat sekitar dalam kesiapsiagaan, kekompakan dan gerak cepatnya untuk memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di kawasan Komplek Arta Griya Rt.036/Rw.005 Kelurahan Roban Kecamatan Singkawang Tengah pada Siang ini. Jumat (16/08/2019)

Setelah Mendengar informasi dari masyarakat sekitar tentang terjadinya Karhutla, Polres Singkawang langsung bergerak cepat ke kawasan tersebut dan ikut serta dalam memadamkan api.

Rawannya terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan di daerah ini setiap tahunnya membuat Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, S.E., M.H turut prihatin dengan kondisi tersebut.

Oleh karena itu pada Hari Kamis tanggal 23 Agustus 2018, saat acara Rapat Koordinasi tentang penanggulangan Karhutla di Polres Singkawang, Walikota Singkawang telah menyerahkan Barang inventaris ke Kecamatan Singkawang Tengah yakni sebuah mesin pompa air Robin.

Untuk tahun ini, Dikarenakan Komplek Arta maupun di daerah Wonosari rawan terjadi karhutla maka Mesin pompa air robin ini di siagakan di Komplek tersebut.

Tujuannya agar jika terjadi Karhutla disekitaran daerah tersebut maka Polres Singkawang, Manggala Agni, Kelompok Pemuda Peduli Api (PPA) “AVATAR” maupun masyarakat sekitar dapat bergerak cepat untuk memadamkan Karhutla sehingga dapat mencegah api menjalar lebih luas.

Dengan adanya mesin pompa air robin yang di siagakan ini sangat membantu serta memudahkan petugas dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan di sekitaran Komplek Arta ataupun Wonosari.

Komplek Arta Griya ini sendiri merupakan suatu komplek yang berada di sekitaran lahan gambut. Hal itu yang menyebabkan api sulit dipadamkan dan terus menyala jika terkena angin kencang.

Warga komplek Arta mengucapkan terimakasih kepada Walikota Singkawang atas bantuan mesin pompa air robin yang disiagakan di Komplek Arta dan kepada Kapolres Singkawang terima kasih atas bantuan BBM untuk operasional mesin pompa air robin.

Penulis : Nurul Intania Rideva
Editor : Rizal Z

Related posts

Leave a Comment