Antisipasi Karhutla dan Premanisme, Bripka Herry Bernard PAM Sembahyang Kubur

Investigasi Bhayangkara Indonesia, Singkawang – Selasa (13/08/2019) Sudah Sepekan lebih Anggota Polsek Singkawang Selatan dan di bantu oleh personil Polres Singkawang melaksanakan Pengamanan Sebahyang kubur oleh Etnis Tionghwa yang rutin dilakukan dua kali dalam setahun, seperti tahun – tahun yang lalu kegiatan sembahyang kubur dilakukan di saat musim panas.

Untuk mengantisipasi kebakaran lahan dan ataupun mencegah terjadinya tindakan premanisme saat berlangsungnya pelaksanaan sembahyang kubur, Personil Polsek Singkawang selatan dibantu oleh personil polres melaksanakan pengamanan di setiap perkuburan etnis thionghwa di wilayah kecamatan singkawang selatan.

Tampak pada gambar Bripka Herry Bernard dan Aipda Ariu Safahan sedang melakukan Patroli dan dialogis kepada pengunjung pada saat melaksanakan pengamanan di kompleks pemakaman jalan Latsitarda kelurahan sedau kecamatan singkawang selatan.

Dalam kegiatan Patroli dialogis tersebut Bripka Herry Bernard dan Aipda Ariu Safahan menghimbau kepada penziarah makam untuk hati – hati saat melakukan ritual sembahyang kubur, agar mengunci kendaraan yang mereka bawa dengan kunci ganda, dan laporkan kepada anggota Polri yang melaksanaakan PAM jika terjadi tindakan premanisme.

“Pada saat bapak / ibu melakukan pembakaran kertas (yang merupakan rangkaian dari kegiatan sembahyang kubur), agar menjaga api pembakaran tidak menyebar, dan saat meninggalkan makam agar di cek betul – betul apakah api sisa pembakaran sudah benar – benar padam”, Himbau Bripka Herry Bernard Kepada penziarah.

Kapolsek Singkawang selatan AKP Hilman Malaini, SH, S.I.K. mengatakan “Kami dari Polsek singkawang selatan akan selalu komitmen dalam menjaga situasi musim panas ini dengan memantau dan melakukan himbauan juga patroli dialogis untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah kecamatan singkawang selatan.”

“Untuk tindakan pencegahan sendiri kita dari Polsek Singkawang selatan memberdayakan seluruh anggota untuk pro aktif dalam mengkapanyekan pencegahan karhutla, dan kami mengedepankan Bhabinkamtibmas untuk terus dan rutin melakukan sambang ke wilayah binaan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan,” ungkap Kapolsek

Dia juga memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) di wilayah binaan, harapannya jika terjadi kebakaran masyarakat dapat sedini mungkin memadamkan dan juga dapat bersama mencegah terjadinya Karhutla.

Dengan dilakukannya kegiatan pengamanan sembahyang kubur AKP Hilman Malaini, SH, SIK berharap dapat meniadakan ataupun menekan terjadinya kebakaran hutan maupun lahan dan mencegah terjadinya tindakan premanisme dan curanmor di wilayah kecamatan singkawang selatan.

Penulis : Dedi Maryadi
Editor : Rizal Z

Related posts

Leave a Comment